Penipuan & Penyalahgunaan Nama BPK dan Pejabat BPK dalam Proses Pengadaan KAP yang akan Memeriksa Untuk dan Atas Nama BPK


Sehubungan dengan sedang berlangsungnya proses pengadaan KAP yang akan memeriksa untuk dan atas nama BPK pada tahun 2018, dengan ini diberitahukan bahwa akhir-akhir ini terjadi upaya tindakan penipuan dan/atau penyalahgunaan nama dengan mengatasnamakan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan/atau pejabat/pegawai BPK oleh pihak-pihak lain untuk meloloskan peserta dalam proses seleksi. Dapat kami sampaikan bahwa BPK menyelenggarakan pengadaan berdasarkan prinsip-prinsip praktik pengadaan barang/jasa sesuai dengan Pasal 5 Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Presiden Nomor 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat atas Peraturan Presiden Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sebagai berikut:

1. Pengadaan bersifat transparan dan dapat diakses oleh seluruh calon peserta penyedia (dhi. KAP Terdaftar di BPK). Transparansi tersebut didukung dengan penggunaan Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kementerian Keuangan, termasuk di dalamnya proses aanwijzing atau pemberian penjelasan secara elektronik dari BPK kepada seluruh peserta lelang.

2. Penyelenggaraan pengadaan bersifat terbuka sehingga seluruh KAP Terdaftar di BPK mendapatkan kesempatan yang sama dan dapat bersaing secara sehat dan terbuka untuk mengikuti pengadaan.

3. Penyelenggaraan pengadaan bersifat akuntabel yang didukung dengan proses pencatatan dan pelaporan yang lengkap serta adanya mekanisme review, pengawasan, dan evaluasi atas penyelenggaraan pengadaan tersebut.

Berdasarkan prinsip-prinsip pengadaan barang/jasa di atas, BPK tidak membuka jalur komunikasi di luar LPSE dengan pihak eksternal.

Dalam hal ditemukan tindakan penipuan dan/atau pengatasnamaan atau hal-hal yang tidak sesuai dengan ketentuan, mohon agar segera memberitahukan/melaporkan kepada pihak Kepolisian terdekat atau kepada Badan Pemeriksa Keuangan dengan aiamat sebagai berikut:


Pusat Informasi dan Komunikasi Badan Pemeriksa Keuangan
Jalan Gatot Subroto Nomor 31 Jakarta
Telepon: (021) 25549000 ext. 3912
PO BOX: 4300 JKT 10043
Email: ksbhumas@bpk.go.id