Pendaftaran KAP

Persyaratan Pendaftaran KAP Terdaftar di BPK

Peraturan BPK RI Nomor 1 Tahun 2016 tentang Persyaratan Akuntan Publik pada Kantor Akuntan Publik yang Melakukan Pemeriksaan Keuangan Negara, menjelaskan syarat KAP untuk terdaftar di BPK, yaitu :

a) Persyaratan KAP Terdaftar di BPK :

  1. Mempunyai paling sedikit 1 (satu) orang Akuntan Publik dan 2 (dua) orang Tenaga Kerja Profesional Pemeriksa yang memiliki sertifikat program pendidikan terkait pemeriksaan pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara;
  2. Bersedia dievaluasi oleh BPK terkait:
    1. Persyaratan administrasi sebagai KAP Terdaftar di BPK; dan
    2. Pelaksanaan dan hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh KAP.
  3. mengajukan permohonan menggunakan format sebagaimana tercantum dalam Lampiran I (Surat Permohonan KAP terdaftar):
    1. Fotokopi surat izin usaha sebagai KAP dari Menteri Keuangan yang sudah dilegalisasi;
    2. Fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) KAP;
    3. Bagan organisasi yang menunjukkan bahwa dalam melakukan pemeriksaan, Akuntan Publik menerapkan paling sedikit 2 (dua) jenjang pengendalian atau supervisi secara bertingkat, yaitu Akuntan Publik yang bertanggung jawab (partner in charge) dan Pengawas Menengah yang melakukan pengawasan terhadap Pemeriksa dalam melakukan pemeriksaan; dan
  4. surat pernyataan bermaterai yang menyatakan bahwa KAP bersedia untuk menjalani evaluasi oleh BPK sesuai format sebagaimana tercantum dalam Lampiran II (Surat Pernyataan Bersedia dievaluasi) sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari Peraturan ini.

b) Persyaratan AP Terdaftar:

  1. Daftar riwayat hidup;
  2. Fotokopi salinan izin praktik dari Menteri Keuangan;
  3. Fotokopi NPWP;
  4. Fotokopi sertifikat Pendidikan Sertifikasi di bidang pemeriksaan keuangan negara untuk tingkat Akuntan Publik;
  5. Surat pernyataan bermaterai sesuai format sebagaimana tercantum dalam Lampiran III (Surat Pernyataan AP);
  6. Rekomendasi tertulis (asli) dari Asosiasi Profesi Akuntan Publik yang diakui pemerintah

c) Persyaratan Pemeriksa Terdaftar:

  1. Daftar riwayat hidup;
  2. Fotokopi NPWP;
  3. Fotokopi sertifikat Pendidikan Sertifikasi di bidang pemeriksaan keuangan negara;
  4. Surat pernyataan bermaterai sesuai format sebagaimana tercantum dalam Lampiran IV (Surat Pernyataan Tenaga Kerja Profesional Pemeriksa);
  5. Surat pernyataan bermaterai dari pimpinan KAP yang menyatakan Tenaga Kerja Profesional Pemeriksa merupakan Tenaga Kerja Profesional Pemeriksa pada KAP yang mengajukan permohonan untuk Terdaftar di BPK sesuai format sebagaimana tercantum dalam Lampiran V (Surat Pernyataan Pimpinan KAP atas Tenaga Kerja Profesional Pemeriksa)


Mekanisme Pendaftaran

  1. Memenuhi syarat-syarat pendaftaran
  2. Mengisi dan melengkapi checklist kelengkapan dokumen persyaratan
  3. Menyampaikan hardcopy kepada BPK RI (cq. Direktorat EPP) dan softcopy ke alamat email: dit.epp@bpk.go.id

                Badan Pemeriksa Keuangan
                cq. Direktorat Evaluasi dan Pelaporan Pemeriksaan
                Gedung Arsip Lt. 2 Ruang 203
                Jl. Jendral Gatot Subroto Kav. 31
                Jakarta 10210

      4. Apabila seluruh dokumen persyaratan telah lengkap, Direktorat EPP akan segera menerbitkan Surat Tanda Terdaftar di BPK.

 

Pemutakhiran

Setiap ada perubahan atas syarat terdaftar di BPK, KAP wajib menginformasikannya kepada BPK. Perubahan nomor izin usaha KAP dari Kementerian Keuangan dan tidak terpenuhinya 1 (satu) orang Akuntan Publik dan 2 (dua) orang Tenaga Kerja Profesional Pemeriksa akan menyebabkan tidak berlakuknya Surat Tanda Terdaftar KAP di BPK. BPK akan menerbitkan Surat Tanda Terdaftar baru jika KAP telah menyampaikan perubahan persyaratan terdaftarnya. 

 


Last edited : 26/05/2016